Beberapa waktu lalu, sebuah power supply unik singgah di lab JagatReview. Berbeda dengan kebanyakan power supply unit (PSU) yang biasanya kami terima, PSU yang satu ini memiliki kapasitas yang amat besar: dirating pada 1700W. Pada saat artikel ini di-publish, ini adalah power supply dengan kapasitas terbesar yang pernah kami sentuh! Buatan siapa PSU tersebut?

LEPA_MaxPlatinum_PSUs_banner

Power supply 1700W yang kami terima adalah LEPA MaxPlatinum P1700-MA-EU. Bagi sebagian pengguna PC, nama power supply LEPA memang akan terdengar ‘asing’, namun perlu diketahui bahwa sebagian besar produk LEPA(terutama yang high-end) merupakan semacam ‘rebrand’ dari vendor power supply terkemuka, Enermax. Isi dari komponen PSU LEPA seringkali sama dengan yang ada di power supply Enermax, dengan kadang ada sedikit perbedaan penampilan, dan mungkin perbedaan perlengkapan dalam paket. Dengan demikian, kami bisa berasumsi bahwa kualitas power supply LEPA seri high-end akan sama dengan Enermax. Kami cukup penasaran dengan apa yang bisa diberikan oleh power supply ini, dan melakukan hands-on singkat kepadanya. Nah, tanpa menunggu lebih lama lagi, mari kita lihat spesifikasi dari power supply LEPA MaxPlatinum 1700W.

Spesifikasi

Berikut ini paparan spesifikasi dari LEPA MaxPlatinum 1700W P1700-MA-EU, seperti yang tertera pada kemasan dan website-nya:

Lepa_01

Terlihat diatas (yang bagian kanan), PSU LEPA P1700-MA-EU hanya mendukung input voltage sebesar 220-240 VAC, berbeda dengan kebanyakan PSU modern yang mendukung 110 – 240 VAC. Tidak adanya dukungan untuk input voltage 110V ini yang membuat PSU LEPA MaxPlatinum 1700W hanya dijual di negara yang menggunakan tipe AC Voltage 220-240V.

LEPA P1700-MA-EU memiliki 6(enam) buah 12V Rail, dimana rail 12V1 dan 12V2 bisa mensuplai hingga masing-masing 20A, dan rail 12V3 – 12V6 dapat memberikan arus masing-masing 30A. Seperti kebanyakan PSU lainnya, LEPA MaxPlatinum dilengkapi dengan berbagai macam proteksi untuk mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan saat peroperasian, mulai dari OCP(Over Current Protection), OVP(Over Voltage Protection), OTP(Over Temperature Protection), dan Short Circuit Protection. Detailnya bisa anda lihat dibawah ini:

Lepa_02

Fitur

Berikut ini beragam fitur-fitur yang diberikan oleh LEPA MaxPlatinum 1700W, seperti yang tertera pada kemasannya:

Lepa_00

  • Surpass 80 Plus Platinum level, achieving 93% efficiency (230VAC, 50% load)
  • Continuous full power; P1700 with up to 1800W peak output and P1375 peak to 1600W
  • Full modular cable design with flat peripheral cables simplifies the installation of PSU and cable management
  • 135mm ball bearing fan with thermal speed control delivers silent and durable cooling performance
  • High density PCB makes PSU only 18cm in depth, providing extra room to dissipate the heat inside chassis
  • Full Bridge topology with Zero Voltage Switch (ZVS) circuitry help PSU achieve high efficiency
  • Solid state capacitors and 105°C Japanese grade A capacitors offer great reliability & longer lifespan
  • Intel Haswell fully supported by DC to DC converter design, which ensures the stability of output voltage when CPU goes into C6/C7 power states
  • Multiple +12V rails with high maximum loads give great compatibility with heavy-duty graphics cards
  • Able to run 4-way GPU (SLI / CrossFireX) and dual CPUs together without difficulty
  • Comply with EU 2013 ErP Lot 6 standards (lower than 0.5W power consumption at standby mode)
  • System safety assured by comprehensive protection of Over Power, Over Voltage, Under Voltage, Over Current, Over Temperature, and Short-circuit
  • ATX12V version 2.4 and EPS12V version 2.92 compliant

Berdasarkan spesifikasi dan fitur yang diusung oleh power supply LEPA 1700W, bisa disimpulkan bahwa PSU ini ditujukan bagi pengguna kelas atas, yang menginginkan PSU berkapasitas besar untuk memenuhi kebutuhan sistem high-end mereka (seperti prosesor 6/8-core, yang menggunakan Multi-GPU), karena sanggup mensuplai daya hingga 1700W secara continuous.

Yang paling menarik adalah bagaimana LEPA mengklaim bahwa PSU ini “Able to run 4-way GPU(SLI/CrossfireX) and Dual CPUs together without difficulty“. Tentunya, klaim ini nantinya akan kami uji.

80Plus Platinum

Power Supply LEPA MaxPlatinum 1700W mengusung sertifikasi 80Plus Platinum, yang berarti PSU ini harus memiliki efisiensi daya 90% pada 100% Load menggunakan Input AC 230V. Perhitungan efisiensi menentukan seberapa besar perbandingan daya yang terjadi antara daya DC yang dikonsumsi sistem, dengan daya AC yang disedot PSU dari soket listrik. Umumnya efisiensi bisa dihitung dengan rumus : Efisiensi = Daya DC / Daya AC.

Sederhananya, semakin tinggi nilai efisiensi ini, berarti semakin rendah konsumsi daya AC yang diambil dari soket listrik anda. Misalnya ada sistem yang mengonsumsi daya DC sebesar 200 Watt, lalu PSU anda memiliki efisiensi 70%, maka daya AC yang diambil dari soket listrik adalah 285 Watt ( hasil dari 200 Watt / 0.7), sedangkan jika sistem yang sama memiliki PSU dengan efisiensi 90%, maka daya yang diambil dari soket adalah 222 Watt.

Lepa_03

Full-Modular

LEPA MaxPlatinum 1700W merupakan power supply full modular, tentunya hal ini akan membuat cable management dengan PSU ini lebih mudah. Jumlah konektor yang disediakan termasuk melimpah dan cocok untuk kebutuhan sistem high-end, ditunjang dengan adanya 2 buah konektor 8-pin CPU 12V dan 10(sepuluh!) konektor PCIe 6+2 Pin untuk GPU.

Lepa_04

Himbauan: PSU 1700W bukan berarti menyedot 1700W!

Sebelum kami melanjutkan hands-on ini, ada baiknya kami memberi informasi singkat untuk mencegah kesalahpahaman. Nilai 1700W yang ditulis pada kemasan ini merupakan nilai daya yang bisa disuplai oleh si PSU, dan hal ini berarti bahwa LEPA MaxPlatinum 1700 belum tentu akan mengonsumsi daya 1700W. Konsumsi daya anda akan sangat ditentukan oleh komponen yang anda gunakan, bisa saja komponen anda hanya meminta 200 – 300W atau kurang dari nilai tersebut.

Sumber : JagatReview